Gelar Budaya Yogyakarta 2011

Senin, 18 Juli 2011

Gelar Budaya Yogyakarta 2011, untuk kedua kalinya, hajatan penuh warna budaya digelar kota Yogyakarta yang berlokasi di Istana Pura Pakualam. Acara mulai digelar pada hari Kamis sampai Sabtu tanggal 14-16 Juli dari jam 3 sore hingga 10 malam, menampilkan keragaman dan keunikan pagelaran kesenian tradisional asal Kabupaten dan kota di wilayah Yogyakarta, serta upacara adat Kraton dan Pakualaman.
Banyak kesenian tradisional tersebut yang sudah langka dan sudah jarang dipertontonkan, sehingga kegiatan ini menjadi momentum tepat untuk mengenalkan budaya Kraton dan Pakualaman kepada masyarakat luas.
Tampil pada hari Kamis 14 Juli kesenian Manguyu-uyu (Gendhing Soran), tari kerakyatan Rewe-rewe, pergelaran upacara adat Tedhak Sinten dari Pura Pakualaman, upacara adat Supitan dari Kraton serta Reog Dhodhog Sedayu Bantul, Jathilan Jerukwudel Gunungkidul dan Reog Wayang Gunungsuren Bantul.
 
Hari kedua Jumat 15 Juli  ditampilkan Gendhing-gendhing Soran, tari Srimpi Renggawati dari Kraton, pergelaran tari Langen Kusumo Banjaransari dari Istana Pura Pakualaman, Reog Wayang Seneng Bareng dari Lendah Kulonprogo, Badui Sabilul Muslimin Nglungis Sleman.
Dan hari ketiga, Sabtu 16 Juli menampilkan Gendhing-gendhing Soran, pergelaran tari Bedhoyo Angron Akung dari Pakualaman, pergelaran wayang orang Jumenengan Rama dari Kraton Yogya, Angguk Putri Sri Panglaras Kulonprogo dan jathilan Tegalrejo Kota Yogya.
Seperti keindahan gerak dan kostum yang ditampilkan 12 remaja asal Sedayu Kabupaten Bantul ini membuka Gelar Budaya Yogyakarta dengan kesenian Reog Dhodhog yang sangat memukau dengan bunyi-bunyian pukulan gendang yang mirip jimbe serta gerakan energik secara berpasangan yang romantis. 

Sungguh romantisme Yogyakarta yang dikemas dalam pagelaran kesenian tradisional  menjadi pengobat rindu akan kebudayaan tempo dulu yang sangat kaya dan penuh makna. Sampai ketemu dengan KratonPedia di Yogyakarta dalam kisah romantis budaya Yogyakarta berikutnya. Salam KratonPedia.

0 komentar:

Posting Komentar